Setiap harinya kita berurusan dengan data bukan? Facebook menyimpan semua tautan yang kita bagikan dalam basis data. Bahkan mungkin kita mengirimkan laporan dan dokumen yang tersimpan dalam basis data. Saat ini semua berbasis data bahkan trend modern seperti kecerdasan buatan juga tak pelak membutuhkan sumber data. Apa jadinya Cortana jika tidak memiliki data restoran terdekat, lalu lintas terkini, atau bahkan musik yang kamu dengarkan. Ya! kita semua di era data-aware, ini mengingatkan kita bahwa semua yang kita lakukan adalah data-driven, bagaimana perusahaan menampilkan iklan berdasar data yang kita isikan baik secara langsung dan tidak langsung.

Nyatanya kebutuhan data science tidak hanya ada di sana? seorang akademisi setingkat S1 juga pasti membutuhkan olah data atau statistik untuk memperkuat hipotesisnya, atau sebagai anak kost mulai perlu mencatat pengeluaran dan pemasukan kita agar lebih kebal di akhir bulan. Jika Anda sudah menyadari pentingnya data science maka ini adalah saat yang tepat bagi Anda untuk belajar Data Science. Microsoft Innovation Center bekerjasama dengan Columbia University mempersiapkan course MPP (Microsoft Professional Program) yang berisi 10 dasar-dasar yang wajib kamu miliki, tertarik silahkan kunjungi tautan berikut

Berita baiknya jika kamu civitas akademika UGM maka kamu bisa juga memperoleh sertifikat resmi dari edX setiap kamu menyelesaikan course tersebut! caranya? tunggu saja!