Saya teringat akan rekan saya yang berjuang keras di lab..dia mengatakan Lelah itu adalah Mindset! Hal ini pun terjadi di Windows Phone, pada masa lalunya WIndows Phone bukanlah sesuatu yang tidak digarap serius, ya sangat serius bahkan Nokia pun dibeli demi untuk mensukseskan Windows Phone. Proyeksipun bergulir komitmen MIcrosoft di 2017, Windows Phone akan bertengger di 10% market share. Namun kenyataan berpikir lain, Microsoft di akhir tahun hendak memfokuskan pengembangan Azure dan Windows 10 sehingga mulai memikirkan untuk mengistirahatkan lini Lumia, Jika Anda memiliki 950 atau 650 maka selamat itu adalah telepon generasi terakhir Windows Phone. WIndows Phone mulai terpuruk dengan market share di bawah 1%

Microsoft-pun harus memiliki exit strategy, Microsoft menyadari bahwa keunggulan mereka adalah ekosistem yang solid bagi bisnis. Sehingga lahirlah HP Elite X3, Acer Jade Primo, dan Alcatel Idol 4S VR. Ketiga perangkat inilah masa-masa krisis Windows Phone yang saat ini diberi nama Windows 10 Mobile. Mereka didesain sebagai telepon bisnis. Microsoft mengubah Mindset bahwa ponsel yang baik adalah ponsel yang membuat anda produktif, tidak membuat kecanduan social media yang membuat Anda semakin minder, hingga sibuk memegang ponsel karena ingin barang termurah. Sebagai hasilnya, ma a sebuah ponsel bisnis bernama Windows 10 Mobile ini digulirkan, sebuah rasa lama dengan mindset baru. Jika ada yang bertanya kenapa aplikasi di Windows 10 Mobile sangat sedikit? maka cuku dijawab.. itu ponsel untuk bekerja sehingga aplikasi hiburan tidak apa di sana yang penting ada aplikasi kerja seperti Office atau yang lain. Dan jangan ragukan kehandalan Windows 10 mobile platform tersebut pasti ringan dan jarang rewel karena aplikasinya sedikit dan tentu hemat data karena jarang update.

Hal positifnya, saya pribadi menyaksikan bagaimana HP menggarap HP Elite X3 sangat serius untuk tetap dijagat WIndows 10 Mobile. Bahkan di WMC 2017, HP Elite X3 akan rilis versi keduanya. Tidak hanya Continuum sebagai pengalaman ala Windows desktop tetapi HP Workspace memungkinkan aplikasi x86 seperti Visual Studio, dan Photoshop yang lain bisa berjalan di Continuum berkat Azure. Dan jangan lupakan aksesoris HP elite X3 seperti Dock, Laptop Dock, hingga barcode scanner, Apa yang ada dipikiran sebuah perusahaan HP dengan tetap mempertahankan hidup Windows 10 Mobile? Tentu jika dikaitkan oleh Microsoft maka memang Ring insider sebagai jaringan pembaruan Windows 10 Mobile tetap dikembangkan bahkan lebih cepat dari biasanya...jadi tunggu saja kejutan platform Smartphone bisnis ini, khusus bagi Anda yang memang menyukai ponsel untuk komunikasi bisnis.