Seperti yang sobat Xbox tahu saat konferensi pers E3 2016 lalu Microsoft, resmi meluncurkan versi baru Xbox One dengan ukuran yang lebih kecil bernama Xbox One S atau Xbox One Slim. Nah, pertanyaan yang muncul apa bedanya Xbox One S ini dengan Xbox One yang telah ada sebelumnya? 

Xbox One S memiliki ukuran konsol 40% yang lebih kecil dibandingkan dengan Xbox One, mendukung resolusi 4K, dan bisa memainkan film dengan format Blu-Ray. Terlebih lagi Xbox One S memiliki fitur HDR untuk memainkan game dan merekam video. Yang paling mencolok adalah port USB dipindah ke bagian depan konsol sehingga lebih mudah diakses oleh sobat Xbox dan terdapat sensor Infra Red yang bisa digunakan untuk menyalakan TV. Bahkan sobat Xbox juga bisa meletakkan Xbox One S dalam posisi vertikal. Kontroler yang ada juga didesain dengan grip baru serta dukungan penggunaan koneksi bluetooth. Masalah harga, tidak terlalu jauh dengan Xbox One dimana ruang penyimpanan akan tersedia dalam tiga kapasitas hardisk yang berbeda.

Dilansir dari IGN, berikut tabel perbandingan lengkap antara Xbox One S dan Xbox One:

Sebagai penutup, Xbox One S adalah konsol yang tidak jauh berbeda dengan Xbox One. Hanya saja, sobat Xbox akan lebih maksimal memainkan game di Xbox One S dengan menggunakan TV 4K HDR dan harganya yang sedikit lebih mahal dari Xbox One. Nah, bagaimana sobat Xbox? Sudah tahu ingin membeli versi konsol Xbox yang mana?

Xboxone -1

*Catatan: Harga diambil dari situs e-commerce di Indonesia. Beberapa di antaranya sudah termasuk bundle game seperti Minecraft, Battlefield, Quantum Break, dan lain-lain.

Referensi: http://www.ign.com/wikis/xbox-one/Xbox_One_S_vs_Xbox_One_Comparison_Chart