Pendidik dapat memanfaatkan portal MSEC atau Microsoft Educator Community untuk mempelajari pemanfaatan Digital Literacy (Literasi Digital) dalam mendukung pembelajaran dunia pendidikan abad 21. Microsoft Educator Community menghadirkan banyak fitur yang mendukung pendidik untuk dapat terhubung dan berkolaborasi baik itu dalam materi pelajaran, kursus dan pengalaman lainnya dengan pendidik lainnya di seluruh dunia. Konten pendidikan dibuat oleh pendidik untuk pendidik. Terdapat berbagai macam konten pembelajaran yang dapat diakses secara mandiri melalui tautan https://education.microsoft.com/.

Berikut beberapa konten pembelajaran dalam Microsoft Educator Community:

1.      Microsoft Innovative Educator (MIE) Program, program ini memberikan kesempatan kepada pendidik untuk meningkatkan kemampuan pendidik dalam mempelajari berbagai alat bantu dari Microsoft sehingga bisa mengaplikasikan penggunaan teknologi dalam pendidikan dan menjadi seorang profesional pendidik yang siap untuk belajar, berbagi, dan terus berkembang. Terdapat tiga bagian pendukung, yaitu MIE Expert, MIE Trainer, dan Skype Master Teacher.

2.      Badges, points, and certificates, Microsoft Educator Community menyediakan fitur menarik yang dapat memacu para pendidik untuk selalu belajar dan menggali pengetahuan sebanyak-banyaknya, yaitu dengan konsep atas pencapaian setiap selesai melakukan pembelajaran untuk mengetahui apa saja yang sudah pendidik pelajari dan masing-masing pembelajaran akan mendapatkan penghargaan berupa lencana (badges) atau sertifikat. Pendidik dapat mengecek lencana dan sertifikat di bagian profil.

3.      Courses and resources, pendidik dapat mengakses materi pembelajaran seperti kursus, sumber daya pendukung, webinar, dan video. Kursus berdurasi sekitar 1-3 jam. Beberapa kursus berfokus pada bagaimana pendidik dapat menggunakan alat-alat seperti OneNote, Sway, Office Mix, dan pengetahuan mengenai pedagogi untuk mengajarkan bagaimana mengintegrasikan teknologi ke dalam pendidikan. Di akhir kursus akan ada penilaian yang harus diselesaikan oleh pendidik jika ingin mendapatkan poin. Terdapat empat bagian pendukung, yaitu Courses, Resources, Webinars, dan Quick Tip Videos.

4.      Skype in the Classroom, fitur ini adalah komunitas online yang memungkinkan pendidik dapat saling belajar dan berbagi konten, terhubung dengan pendidik yang lain atau pun siswa, menjadi guest speaker, membuat sebuah materi pembelajaran, menjadi trainer educator, melakukan diskusi, dan menyiarkan sebuah kegiatan secara virtual menggunakan Skype. Terdapat enam bagian pendukung, yaitu Skype Lessons, Skype Collaborations, Virtual Field Trips, Find Guest Speakers, Mystery Skype, dan Share Your Skype Expertise.

5.      Find, create, and share a lesson, pendidik dapat merencanakan dan merancang pelajaran yang akan disampaikan di kelas. Fitur ini berfungsi untuk mencari bahan materi ajar (pelajaran) tambahan yang dapat pendidik gunakan sebagai materi pendukung ketika akan mengajar di kelas nantinya. Terdapat tiga bagian pendukung, yaitu Lesson Plans, Video Tutorials, dan Create and Share a Lesson.

6.      Connect and share with educators, pendidik dapat menemukan para pendidik lainnya yang tersebar di seluruh dunia sehingga bisa saling terhubung untuk dapat berbagi ilmu dan pengetahuan serta dapat melakukan diskusi dengan pendidik lainnya mengenai subjek materi pembelajaran yang dapat dicari sesuai dengan kategori yang pendidik inginkan. Terdapat tiga bagian pendukung, yaitu Connect with Other Educator, Join and Start a Discussion, dan Share Your Expertise.