Minecraft adalah permainan bak pasir (sandbox) yang berfokus pada kreativitas dan rancang bangun menggunakan konstruksi dari kubus bertekstur 3D yang diciptakan oleh Markus "Notch" Persson dan dikembangkan oleh perusahaannya Mojang sampai akhirnya diakuisisi oleh Microsoft pada tahun 2014. Tahun lalu, tepatnya September 2016 Mojang bersama dengan Microsoft Studios merilis Minecraft untuk versi pendidikan atau dikenal dengan Minecraft: Education Edition.

Minecraft: Education Edition adalah platform untuk meningkatkan kolaborasi antara guru dan siswa dalam proses belajar dan mengajar. Sederhananya, melalui permainan ini pemain dapat menciptakan sebuah area bermain dan di dalamnya guru atau siswa dapat bekerja sama menyelesaikan tantangan yang diberikan. Beberapa blok material yang dapat digunakan untuk edukasi adalah camera, board, chest, redstone, NPC. Terlihat sama seperti Minecraft versi lainnya, hanya saja untuk dapat login harus menggunakan akun Office 365.

Dunia yang dapat dijelajahi di Minecraft sangat luas sekali. Algoritma Minecraft memang didesain untuk dapat menciptakan map dalam ukuran yang luas. Normalnya, guru akan kesulitan ketika menjadi admin dalam permainan multiplayer dan terdapat banyak siswa yang berpencar (maksimal 30 orang dalam 1 server). Beruntung, ada fitur Classroom Mode yang dapat bisa memberi akses siswa pada sumber daya di dalam dunia Minecraft. Guru juga bisa memantau lokasi siswa melalui control panel yang tersedia, mengirim pesan bahkan memindahkan siswa dengan cara teleport ke tempat yang sesuai jika mereka tersesat. 

Terdapat lima bagian dalam control panel Classroom Mode:

1.       Game Mode dan Indicator Day, berada di bagian paling atas yang berfungsi untuk mengatur mode permainan seperti apakah pemain bisa terbang, tenggelam, terbakar, bertarung atau tidak, mengubah waktu, dan koordinat lokasi admin berada di dalam map.

2.       World Map, berada di kiri dengan tampilan peta yang memungkinkan guru memantau lokasi para siswa berada dan dapat melakukan teleport jika ada siswa yang pergi terlalu jauh.

3.       Player Roster, berada di kanan atas yang menampilkan daftar siswa yang ikut bermain.

4.       Chat, berada di bagian kanan bawah yang menampilkan interaksi chat antar pemain.

5.       Message, berada di bagian paling bawah yang memungkinkan guru mengetikkan instruksi perintah yang harus dilakukan saat bermain.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Classroom Mode dan langkah instalasinya, lihat di https://education.minecraft.net/trainings/install-use-classroom-mode-for-minecraft/.